Informasi

Tips Aman dan Nyaman Jalan-Jalan Dalam Negeri

Menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan dan berlibur merupakan salah satu hal yang sangat menyenangkan dan dapat meringankan beban yang ada di pikiran Anda. Apalagi jika Anda kerap bekerja dan mengerahkan seluruh tenaga dan pikiran untuk pekerjaan Anda. Nah, jika Anda ingin menjalankan sebuah cara untuk melepaskan beban pikiran dan bebas menjalani aktivitas Anda, maka liburan adalah jawaban terbaik. Bagi banyak karyawan kantoran, berlibur bukan hanya perkara menghabiskan waktu luang di luar rumah namun juga memperoleh penyegaran pada pikiran Anda.

Jalan-Jalan Asyik di Indonesia

Banyak orang Indonesia yang menganggap bahwa berlibur haruslah dilakukan dengan mengunjungi beberapa negara di luar Indonesia. Padahal, Indonesia sendiri punya banyak keunikan yang membuat negara ini tak kalah dibandingkan dengan negara lain. Indonesia bahkan memiliki banyak sekali destinasi wisata yang bisa memanjakan mata dan batin Anda. Berikut ini beberapa tips untuk berlibur di Indonesia:

  1. Jangan lupa untuk mempersiapkan barang bawaan Anda sebelum bepergian. Anda bisa membawa beberapa barang penting yang harus selalu ada di koper Anda, antara lain adalah sandal jepit, alat mandi, perlengkapan Ibadah dan beberapa barang penting seperti obat dan charger ponsel dan perangkat elektronik lain yang Anda bawa selama bepergian. Nah, jangan lupa untuk berkemas jauh-jauh hari. Jika Anda merupakan seorang yang sering bepergian, ada baiknya Anda memilih stok travel kit untuk perlengkapan pribadi sehingga nyaman saat berkemas.
  2. Pastikan Anda sudah mengetahui ke mana Anda akan bepergian. Jalan-jalan ala backpacker memang menyenangkan, tapi jika waktu Anda terbatas dan Anda perlu berjalan-jalan dengan efisien, maka Anda wajib memperhatikan beberapa aspek keamanan dan efisiensi waktu saat berjalan-jalan. Pastikan destinasi wisata Anda merupakan destinasi yang nyaman dan sesuai dengan keinginan Anda. Untungnya, Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang bisa disesuaikan dengan anggaran dan gaya hidup Anda.
  3. Sesuaikan destinasi wisata dengan suasana hati Anda. Eits, walaupun tampak sepele, tapi memilih tempat berlibur yang menyenangkan dan bisa membawa kedamaian bagi jiwa Anda merupakan hal penting. Jika Anda lebih menyukai keramaian, maka pilihlah destinasi liburan ke tempat-tempat berwisata yang bersejarah di kota-kota di Indonesia. Hal ini akan menyalurkan tenaga Anda sehingga dapat mengeksplorasi lebih banyak hal unik di kota tersebut.
  4. Bagi Anda yang ingin berlibur ke tempat dengan kesan alami yang kuat, destinasi wisata seperti pegunungan dan pantai merupakan pilihan yang tepat. Beberapa resort bahkan dibuat di kompleks terpencil untuk menjaga eksklusivitas resort dan menjaga Anda tetap nyaman selama berlibur. Sempatkan waktu untuk menikmati liburan tanpa harus mengunggah momen yang ada ke media sosial. Hal ini tentu sangat sesuai bagi Anda yang ingin berlibur untuk menenangkan diri selama berada di tempat wisata.
  5. Tidak lupa, pilihan makanan juga perlu dipertimbangkan sebelum Anda melakukan perjalanan wisata. Dalam hal ini, makanan di beberapa tempat bisa menimbulkan alergi jika Anda tidak menyesuaikannya dengan kondisi tubuh. Sebagai contoh, Anda bisa berjaga-jaga jika Anda memiliki alergi terhadap ikan laut. Sehingga, ketika Anda berencana untuk memesan paket liburan yang sudah termasuk makanan di dalamnya, Anda bisa menawar pilihan makanan atau membawa makanan sendiri yang aman untuk Anda.
  6. Pertimbangkan alat transportasi yang ada di kota tujuan Anda. Beberapa pelancong merasa kurang nyaman saat berlibur karena terkendala masalah kendaraan. Oleh karenanya, pilihan transportasi yang memudahkan pelancong merupakan hal penting. Dalam menentukan pilihan kota destinasi wisata, pastikan Anda juga melihat pilihan transportasi yang ditawarkan, ya. Jangan sampai, Anda justru merasa kesulitan saat harus memilih mode transportasi.
  7. Anda juga perlu menyesuaikan anggaran uang Anda untuk melakukan perjalanan tersebut. Dalam hal ini, pastikan bahwa Anda melakukan perjalanan dengan anggaran uang yang sesuai, sehingga tidak mengganggu pos keuangan Anda. Merencanakan perjalanan sekitar 3 bulan sebelum Anda berangkat merupakan salah satu pilihan yang tepat jika Anda ingin menghemat pengeluaran. Beda ceritanya jika Anda memang memiliki uang berlimpah untuk melakukan perjalanan-perjalanan tersebut.
  8. Batasi juga pengeluaran yang tidak perlu selama Anda berlibur. Mungkin liburan merupakan salah satu cara Anda untuk ‘melegalkan’ pemborosan untuk membeli makanan dengan harga yang lumayan mahal, membeli oleh-oleh dan sebagainya. Namun, pastikan bahwa hal-hal tersebut masih berada dalam taraf kemampuan finansial Anda.

Sesungguhnya masih banyak hal yang bisa dikupas mengenai tips berjalan-jalan dengan aman ke destinasi wisata yang ada di Indonesia. Anda bisa memilih beberapa destinasi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran biaya Anda. Di samping itu, beberapa hal terkait dengan akomodasi pun wajib Anda pertimbangkan sehingga perjalanan Anda nyaman dan aman selama berada di kota tujuan. Bagaimana, sudah siap merencanakan perjalanan Anda selanjutnya?