Informasi

Mengintip Kebiasaan Makan Sushi Orang Jepang

Segala hal yang berbau Jepang memang menarik untuk dibahas. Sebagai sebuah negara yang sangat maju, Jepang terbilang menghargai budaya dan tradisi yang ada di sana dengan sangat luar biasa. Buktinya, banyak sekali kebudayaan Jepang yang masih dipertahankan hingga saat ini. Jika dibandingkan dengan negara lain, boleh dikatakan Jepang merupakan sebuah negara yang seimbang dalam memajukan negaranya tanpa ‘mengorbankan’ kebudayaan lokal. Bahkan, makanan khas Jepang sudah banyak dikenal di masyarakat internasional, lho. Apalagi kalau bukan sushi. Makanan yang satu ini memang selalu menjadi pilihan bagi orang non-Jepang yang baru pertama kali mencoba hidangan khas Jepang yang segar dan unik ini.

Tips Makan Sushi ala Nippon

Bagi para pelancong yang datang ke Jepang, makan sushi menjadi agenda wajib. Asyiknya lagi, banyak sekali restoran sushi dengan menu yang luar biasa menggugah selera. Makanan lezat yang disuguhkan di display restoran akan membuat Anda semakin nyaman dalam memilih. Namun, sudahkah Anda tahu cara makan sushi yang benar ala orang Nippon? Mencoba cara makan orang asli Jepang yang unik dan ternyata sangat berbeda dengan kebiasaan turis tentu sangat menyenangkan untuk dicoba. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda jadikan catatan.

  1. Hal pertama yang terlintas di pikiran Anda saat memakan sushi adalah sumpitnya. Ya, sumpit sudah menjadi alat makan yang identik dengan sushi. Namun, ternyata orang Jepang memakan sushi dengan menggunakan tangan, lho! Makan menggunakan tangan merupakan pilihan yang tepat karena hal ini akan menghindari kerusakan pada bentuk sushi. Dengan menggunakan tangan, Anda pun akan memegang sushi dengan lebih mantap.
  2. Orang Jepang makan sushi sekali hap, tanpa memotong atau menggigit sebagian dari sushi yang terhidang di meja. Sushi yang ada memang dibuat untuk ukuran sekali hap. Anda bisa mencoba makan sushi dengan cara ini jika ingin mencoba sensasi mengunyah sushi yang lezat, enak dan memuaskan. Dijamin, Anda pasti ketagihan. Selain itu, akan sushi sekali hap juga merupakan sebuah cara menghindari sushi yang berantakan.
  3. Jangan mencampur wasabi dengan saus kedelai. Di sana, memang akan disediakan dua jenis saus yang bisa digunakan untuk mencocol sushi. Keduanya memang enak jika dicampur dengan sushi yang lezat dan segar. Namun, jangan sekali-kali Anda mencampur keduanya. Orang Jepang terbiasa memakannya secara terpisah. Jadi, sekali makan, Anda hanya bisa memilih akan mencocol sushi Anda ke wasabi atau ke saus kedelai yang disediakan.
  4. Mencocol sushi juga merupakan hal yang penting diperhatikan, jangan mencocol nasi ke saus, karena akan membuatnya basah dan berantakan. Cara mencocol sushi ke saus yang benar adalah dengan mencocolkan ikan atau topping lainnya yang ada di sushi tersebut ke dalam saus, tak perlu banyak-banyak, sehingga rasa ikannya yang mentah bisa diterima oleh lidah. Anda juga bisa mengunyah jahe jika merasakan sensasi amis mengonsumsi ikan mentah di sushi yang Anda makan.

Nah, itu tadi beberapa hal penting yang bisa Anda catat sebelum Anda makan sushi di Jepang dan beberapa hal tentang tips jalan – jalan dalam negeri juga harus dibaca. Walaupun ada banyak restoran Jepang yang menyediakan sumpit dan peralatan makan ala turis lainnya, Anda bisa mencoba cara makan orang Jepang asli sehingga sensasi makan sushi pun menjadi berbeda dan menyenangkan. Apalagi jika Anda menemukan rumah makan sushi yang lezat dan berkualitas, dijamin Anda tak akan melupakan sensasi makan sushi di sana!